Home Artikel Cara Merawat Sofa

Berikut beberapa tips dalam memelihara dan merawat sofa anda:

  • Cobalah untuk menghindari penempatan sofa kulit yang terkena sinar matahari secara langsung dan terlalu lama. Hindari juga untuk menempatkan sofa kulit berdekatan dengan radiator, karena dapat menyebabkan kulit kering hingga pecah.
  • Untuk menjaga agar kulit sofa anda tetap kelihatan baik seperti semula, putar / ganti posisi penempatan bantal-bantal sofa secara teratur dan hindari duduk di satu tempat yang sama setiap kali duduk di sofa.
  • Keringat dapat menimbulkan noda air, garam dan lemak di atas sofa anda.  Untuk membersihkannya, gunakan kain basah dan gosokkan pada daerah yang terkena sentuhan tangan, jari dan kepala.
  • Gunakan kain penutup atau yang sering disebut Slipcover pada sofa kulit anda.
  • Jika noda lilin mengenai sofa anda, anda bisa menggunakan satu sendok air cuka untuk membersihkan dan menghilangkannya.
  • Hindari membersihkan sofa kulit dengan menggunakan bahan pembersih kimiawi, karena akan membuat warna dan permukaan kulit sofa anda mengalami abrasi.

 

Dalam hal membersihkan sofa, yang terpenting adalah selalu membersihkan kain penutupnya (cover). Biasanya umur dari cover maksimal lima tahun. Jadi jika sofa anda telah berumur lima tahun sebaiknya cover sofa anda diganti. Cover pada sofa pun ada dua jenis, cover yang tidak bisa dilepas dari rangka dan cover yang bisa dilepas dari rangka. Jika cover tersebut mudah dilepas, maka anda bisa mencucinya kapan saja. Sedangkan jika cover tersebut tidak dapat dilepas maka anda harus rajin membersihkanya dengan vacuum cleaner secara berkala (satu minggu sekali).

Sebelum anda memulai membersihkan sofa anda, perhatikan dahulu bahan dari cover sofa anda. Berikut ini adalah beberapa bahan jenis cover sofa dan perawatanya:
  • Bahan Katun. Jika sofa anda berbahan katun, untuk membersihkanya anda cukup dengan menggunakan air ataupun disetrika
  • Bahan Polyster. Jika cover sofa anda berbahan ini, maka pastikan tidak boleh terkena air. Cara terbaik untuk membersihkanya dengan dry cleaning
  • Bahan Sutra (silk). Cover sofa dengan bahan ini sangat jarang digunakan, biasanya digunakan untuk sarung bantal sofa. Cara terbaik untuk membersihkanya dengan menggunakan Dry Cleaning. Begitu juga jika cover sofa anda dari bahan woll
  • Bahan Kulit. Cover sofa dengan bahan kulit ini paling banyak digunakan, cara membersihkanya telah ditulis pada artikel ini bagian atas
 
Setelah anda mengerti bagaimana cara merawat dan membersihkan sofa, pilihlah sofa yang akan anda miliki untuk menambah keindahan ruangan rumah / kantor anda. Klik disini untuk melihat beraneka ragam sofa yang dimiliki oleh Gudangsofa.com dan hubungi This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it jika ada pertanyaan.